Lomba Kreatifitas PAUD se-Sergai Digelar, Bupati : Program PAUD Harus Ada di Desa

P. CERMIN | DNA - Pendidikan Usia Dini merupakan bagian strategi pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM), oleh karena itu harus dipandang sebagai titik sentral dan merupakan hal fundamental. Usia dini juga merupakan bagian dari masa keemasan (golden age) dalam kehidupan seseorang dan merupakan periode kritis yang akan menentukan tahapan kehidupan anak selanjutnya.

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ini sangat penting karena pada usia ini adalah tahapan pembentukan karakter anak, mengajarkan anak bersosialisasi serta mengembangkan potensi yang ada pada dirinya. Biarkan anak usia dini ini menciptakan karya yang positif dan selalu berkreasi.

Hal ini dikemukakan Bupati Serdang  Bedagai (Sergai) ir. H. Soekirman saat membuka secara resmi Lomba Kreatifitas Anak se-Kabupaten dalam rangka menyambut Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2016 di Open Stage Wisata Bahari Theme Park Kecamatan Pantai Cermin, Senin (2/5/2016).

Turut hadir Wabup Sergai Darma Wijaya, anggota DPRD Merianto, Ketua TP. PKK Ny. Hj. Marliah Soekirman yang juga selaku Ketua Forum PAUD, Ketua DPC GOPTKI Ny. Rosmaida Darma Wijaya, Ketua DWP Ny. Hj. Imas Haris Fadillah, Asisten Ekbangsos Drs. Hadi Winarno MM, Kepala BP2AKB Hj. Irwani Jamilah SH, Kabag Humas Dra. Indah Dwi Kumala, para Camat dan Ketua TP. PKK Kecamatan se-Sergai, Dewan juri lomba kreatifitas, para pendamping, guru dan anak didik Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) se-Sergai serta undangan lainnya.

Selanjutnya Bupati Sergai menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) sergai telah menetapkan kebijakan Pengembangan PAUD melalui pendekatan holistic integratif yakni PAUD yang tidak hanya menekankan aspek pendidikan semata, tetapi mencakup aspek pelayanan gizi. Hal ini sesuai dengan Peraturan Presiden No. 60 tahun 2013 yang diimplementasikan melalui Peraturan Bupati Nomor 23 Tahun 2013 tentang Pedoman Pelaksanaan Pos Pelayanan Terpadu Holistik Integratif Kabupaten Sergai.

Kelompok Bermain PAUD Terpadu (KBPT) diharapkan bersifat terpadu dan bersinergi dengan program-program lain, adanya pengasuhan tumbuh kembang anak melalui Kelompok Bina Keluarga Balita  (BKB), pelayanan kesehatan melalui Posyandu dan pendidik PAUD. “Hendaknya pengelolaan PAUD ini berhasil dengan baik sehingga tercipta PAUD yang unggul, inovatif, bertanggung jawab dan berkelanjutan sesuai dengan visi Kabupaten tanah bertuah negeri Beradat ini”, ujar Bupati Soekirman.

Diakhir sambutan Bupati menghimbau kepada seluruh SKPD dan Stakeholder serta Camat agar mendukung program PAUD dengan membina dan memberikan kepedulian terhadap guru-guru PAUD. “Bekerjasamalah dengan dunia usaha dan lembaga lainnya, agar keberadaan PAUD tetap terjamin dan jadikanlah program PAUD ini menjadi salah satu program pembangunan disetiap desa”, pungkas Soekirman.

Sebelumnya Ketua Forum PAUD Sergai Ny. Hj. Marliah Soekirman dalam sambutannya mengatakan kegiatan PAUD ini ternyata mendapat sambutan dari masyarakat luas terutama dipedesaan. Program ini tidak hanya mendidik anak-anak melalui guru, akan tetapi orangpun juga dibimbing dan dilatih bagaimana cara merangsang tumbuh kembang anak melalui Kelompok Bina Keluarga Balita  (BKB).

Sementara itu Ketua Panitia Penyelenggara Ketua DPC GOPTKI Ny. Rosmaida Darma Wijaya melaporkan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mebumbuhkan rasa percaya diri kepada anak serta keberanian dalam mengasah kemampuan dan keterampilan yang dimiliki. Kemudian untuk menanamkan rasa cinta tanah air dan kompetisi secara baik dan sehat, membentuk karakter anak yang bermoral, berakhlak mulia, kreatif dan inovatif serta memberi motivasi kepada anak agar lebih berkreasi lagi. Sedangkan jumlah peserta berasal dari 17 Kecamatan se-Kabupaten Sergai lebih kurang 1.350 orang yang didampingi orang tua masing-masing, ujar Rosmaida Darma Wijaya.(dna/sb)

0 Responses

Isi Komentar :

* ) semua komentar akan di moderasi