Pelayanan Kesehatan Medan Timur Dipertanyakan,
Ada Puskesmas Tidak Memiliki Obat

MEDAN | DNA - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Medan  dari Daerah Pemilihan (Dapil) IV mempertanyakan pelayanan kesehatan di Kecamatan Medan Timur yang dinilai belum maksimal.Pasalnya, ada pengaduan masyarakat terkait pelayanan salah satu unit Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di kecamatan ini yang tidak memiliki persediaan obat.

"Kami pertanyakan pelayanan kesehatan Puskesmas di Kecamatan Medan Timur, karena ada pengaduan masyarakat terhadap puskesmas di kelurahan Glugur Darat I yang tidak memiliki obat,"ujar anggota DPRD Medan Roma Simare-mare saat Reses III DPRD Medan Dapil IV, di Kantor Camat Medan Timur.

Turut hadir anggota dewan lainnya Koordinator Reses Dapil IV Parlindungan Sipahutar,CP Nainggolan,Jhony Nadeak,Halimatusakdiah, Aripay Tambunan,  H.Jumadi SPdI, Roma P Simare-mare, Janlie, Halimatusakdiah, Maratua Olan, serta Camat dan seluruh Lurah Kec Medan Timur.

Menurut Simare-mare, adanya pengaduan masyarakat ini membuktikan tidak maksimalnya pelayanan kesehatan di Kecamatan Medan Timur khususnya Kelurahan Glugur Darat I. Padahal, masyarakat kecil sangat terbantu dengan keberadaan Puskesmas.

"Karenanya, kita harapkan pemda setempat, khususnya Camat dan Lurah agar lebih memperhatikan dan memberdayakan Puskesmas. Jangan sampai ada kendala sekecilpun terutama persediaan obat,"kata anggota Komisi B DPRD Medan ini.

Menanggapi ini, Camat Medan Timur Rizal mengatakan pihaknya akan segera menyikapi masalah ini dengan memeriksa ke kelurahan yang dimaksud. "Kita akan lakukan rapat dengan para Lurah agar tidak terulang lagi,"katanya.

Dikatakannya  sepanjang pemantauan pihaknya, pelayanan puskesmas di kecamatan Medan Timur, khususnya yang rawat inap tetap baik. Apalagi launching puskesmas 24 jam yang merupakan program Pemko Medan dilakukan di puskesmas kelurahan Glugur Darat I. "Pak Walikota  juga sangat menekankan agar Camat dan Lurah memantau dan mengawasi pelayanan Puskesmas,"kata Rizal.

Saat ditanya Puskesmas dimaksud pernah didapati tidak beroperasi, Rizal membantahnya dan memastikan puskesmas tersebut terus beroperasi.

JPKMS
Dalam pendataan peserta Jaminan Pemeliharaan Kesehatan Medan Sehat (JPKMS) di Kecamatan Medan Timur, Rizal menyebutkan tersedia kuota sekitar 3 ribu lebih yang didistribusikan di tiap kelurahan. Namun dengan jumlah kuota yang tersedia, dinilai belum mampu menampung masyarakat yang seharusnya diakomodir. Untuk mengatasinya, pihaknya mengalihkan kuota yang berlebih di satu kelurahan ke kelurahan yang kekurangan kuota.

"Seperti di kelurahan Gang Buntu, terdapat 12 KK yang berlebih. ini akan dialihkan pada kelurahan lain, sepanjang satu kecamatan,"kata Rizal.

Reporter | R Syam

0 Responses

Isi Komentar :

* ) semua komentar akan di moderasi