Bayi Baru Lahir Kena Gastro Scihizis

MEDAN I DNA - Seorang bayi Gastro Scihizis (keluarnya lambung) dirujuk ke RSUD dr Pirngadi Medan, Rabu (1/12/2010). Anak pasangan Srikana dan Tapa, warga Jalan Linkungan VI Kelurahan Kebun Lada, Kabupaten Langkat ini mengalami kelainan saat dilahirkan, Rabu pagi.

Pada bagian perutnya keluar usus halus dan usus dua belas jari. Bayi berjenis kelamin perempuan dengan berat badan 2,8 kg dan panjang 20 cm ini dilahirkan ibunya Rabu pagi sekira pukul 08.00 WIB di rumahnya dibantu bidan setempat.

Karena ada kelainan, bayi tersebut selanjutnya dibawa ke RS. Bidadari, Binjai. Namun, karena peralatan yang terbatas, bayi yang belum diberi nama tersebut selanjutnya dirujuk ke RSUD dr Pirngadi Medan. Menurut dr Amran Lubis SpJ, kelainan pada bayi  tersebut dinamakan Gastro Scihizis yaitu keluarnya lambung (gaster) dan keluarnya usus halus dan usus dua belas jari (Doudenum). Kelainan tersebut termasuk langka dan jarang ditemukan.

"Penyebabnya banyak, bisa saja karena masalah gizi yang didapat sewaktu masa kehamilan dan vitamin yang dikonsumsi sang ibu. Bahan makanan juga berpengaruh besar terhadap masa kehamilan si ibu. Apalagi kontak asap rokok (Free Radicals) sewaktu hamil yang dapat merusak sistem kode genetik," katanya.

Dia menjelaskan, bayi tersebut akan dibawa ke ruang Neonata Intensive Care Unit (NICU) untuk menjalani perawatan dan mencegah infeksi sekunder. "Kondisi bayi stabil dan harus cepat dirawat diruang NICU untuk mencegah infeksi sambil dilakukan persiapan medis. Sebelumnya akan dilakukan Scaning mungkin saja ada kelainan pada organ yang lainnya," pungkasnya.

Reporter | indrawidya

0 Responses

Isi Komentar :

* ) semua komentar akan di moderasi