Pernak-pernik Seserahan

Seserahan merupakan simbolik dari pihak pria sebagai bentuk tanggung jawab ke pihak keluarga, terutama orang tua calon pengantin perempuan. Untuk adat istiadat di Jawa (Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur) biasanya seserahan diberikan pada saat malam sebelum akad nikah pada acara midodareni untuk adat Jawa dan ngeyeuk seureuh untuk adat Sunda. Tetapi ada juga yang melakukan seserahan pada saat acara pernikahan.

Pernak-pernik yang lazimnya menjadi barang seserahan beragam. Ada  pakaian,  perawatan tubuh, make-up, hingga buah-buahan yang dikemas sedemikian rupa dalam wadah keranjang dan di hias dengan pita warna-warni.

Memang sich, barang seserahan diatas tidak mutlak. Tapi dapat disesuaikan dengan kebutuhan, selera dan budget. Intinya barang seserahan biasanya adalah barang yang biasa dipakai calon pengantin perempuan. Jumlahnya biasanya ganjil 5, 7, 9 atau tergantung selera.

Nah, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih seserahan.

Berbelanjalah bersama agar seserahan benar-benar sesuai dengan keinginan dan selera. Terutama untuk merk kosmetik dan body care, ukuran dan model pakaian atau celana, dan lainnya.

Sesuaikan dengan budget yang ada.

Seandainya pihak keluarga pengantin pria tetap ingin membeli sendiri barang-barang seserahan untuk pengantin wanita, tanyakanlah hal-hal yang penting seperti ukuran pakaian, celana, sepatu, merk kosmetik yang biasa dipakai dan detail lainnya.

0 Responses

Isi Komentar :

* ) semua komentar akan di moderasi