Penerimaan Calon PNS Jangan Jadi Proyek

MEDAN | DNA -   Penerimaan CPNS jangan jadi proyek besar kepala daerah. Apalagi sampai  menjadialasan klasik untuk mengganti pengeluaran saat Pilkada.  Sebaiknya penerimaan formasi CPNS tidak menjadi masalah dari tahun  ketahun. Karenanya diperlukan "Good Will" pemerintah menangani masalah  itu.

Demikian ditegaskan anggota komisi A, DPRD Sumut, Suasana Dachi SH kepada DNABerita Selasa (2/ 11/ 2010).

Menurut wakil rakyat yang dikenal vokal ini, di Sumatera Utara saat ini, bila musim penerimaan CPNS selalu bermasalah. Terutama bila penyediaan  soal testing dan pengawasannya dilakukan  oleh Perguruan Tinggi Negeri  (PTN) dari luar Sumatera Utara.

"Sebaiknya, penyediaan soal ujian dan pengawasannya dapat dilakukan oleh PTN yang ada di Sumut. Selain dapat menekan biaya, juga memaksimalkan pengawasan hasil testing. Bahkan akan penjadikan formasi pegawai negeri  yang tangguh, berwibawa dan bertanggung jawan," ujar Suasana Dachi.

Dia menyampaikan kepada pimpinan  Komisi A, agar menyurati Gubsu untuk menyarankan BKD Kabupaten Kota se  Sumut dalam hal penerimaan CPNS 2010 menjalin kerjasama dengan PTN  diwilayah propinsi Sumatera Utara.

" Bila hal ini mrenjadi masalah juga sebaiknya, Komisi A, DPRD Sumut mengusulkan segera membentuk Pansus tentang pengusutan proses CPNS bermasalah," ujar Suasana Dachi SH penuh diplomasi.

Politikus Hanura ini juga mengatakan,  contohnya persoalan penerimaan CPNS selama ini di  Kabupaten Nias sangat bermasalah. Dimana nasib para CPNS yang lulus  berdasarkan perangkingan PTN, namun nasib mereka tidak menentu. Karena Nomor Induk Pegawai (NIP) mereka tidak dapat diproses oleh BAKN regional  VI Sumut.

"Inikan sangat tragis nasib para CPNS di sejumlah Kabupaten di Nias yang telah lulus dari perangkingan PTN, namun hingga kini nasib mereka  sangat tidak menentu. Karena NIP mereka tidak bisa diproses oleh BAKN  reg VI Sumut," kata Dachi heran.(DNA|K-01)

0 Responses

Isi Komentar :

* ) semua komentar akan di moderasi