Al Qaeda di Semenanjung Arab ?

SAN'A | DNA - Paket berisi bahan peledak ditemukan di dalam pesawat kargo dengan rute Yaman menuju Amerika Serikat. Badan-badan intelijen yakin paket itu terkait dengan kelompok al Qaeda di semenanjung Arab yang berbasis di Yaman.

Lalu apa dan siapa kelompok al Qaeda ini?

Al Qaeda di Semenanjung Arab, AQAP, dibentuk pada bulan Januari 2009 melalui penggabungan dua kelompok regional yang merupakan pecahan dari jaringan militan Islam di Yaman dan Arab Saudi.

Dipimpin oleh mantan pembantu Osama Bin Laden, kelompok ini bertekad menyerang fasilitas minyak, warga asing dan pasukan keamanan dalam upaya menyingkirkan kerajaan Arab Saudi dan pemerintah Yaman dan mendirikan satu Kalifah Islam.

Kelompok ini mengaku bertanggungjawab atas sejumlah srangan di kedua negara dalam 12 bulan terakhir, dan dituduh Presiden Barack Obama mencoba meledakkan satu pesawat penumpang milik Amerika Serikat saat terbang menuju Detroit pada hari Natal tahun lalu.

Seorang warga Nigeria yang didakwa terkait dengan insiden ini, Umar Farouk Abdulmutallab, diduga telah memberitahu para penyidik bahwa anggota AQAP melatihnya di Yaman, memberi dia alat peledak berkekuatan besar dan memberi perintah. Dia juga memperingatkan masih banyak orang seperti dia yang akan segera melakukan serangan.(DNA|Bbc)

0 Responses

Isi Komentar :

* ) semua komentar akan di moderasi