Tuduhan Pembunuhan Ilegal Tentara Inggris di Irak Dicabut

LONDON | DNA - Sejumlah penyelidikan terkait hampir 60 tuduhan pembunuhan tanpa dasar hukum yang dilancarkan terhadap tentara Inggris di Irak telah dicabut, kata Kementerian Pertahanan (MoD).

Iraq Historic Allegations Team (IHAT) memutuskan untuk tidak melanjutkan 57 kasus, kata MoD.Kasus lanjutan telah dihentikan otorita kejaksaan militer.

Informasi ini didapat setelah Perdana Menteri David Cameron mendesak dilakukannya usaha "mengatasi" apa yang disebutnya sebagai pernyataan hukum "palsu" terhadap pasukan Inggris yang kembali setelah bertugas di luar negeri.

Para menteri diminta membuat rencana untuk mengatasi pernyataan tersebut, termasuk dengan membatasi pengaturan "tidak menang, tidak bayar", kata Cameron.

Pihak pengacara mengatakan semua orang harus patuh hukum dan banyak kasus pelanggaran telah terbukti.

Tim Tuduhan Bersejarah Irak ini dibentuk untuk mengkaji dan menyelidiki tuduhan pelanggaran yang dilancarkan warga sipil Irak terhadap anggota militer Inggris di Irak dari tahun 2003 sampai Juli 2009.

Mereka mencatat lebih dari 1.300 tuduhan yang sedang diselidiki, mulai dari pembunuhan sampai kejahatan kecil - sekitar 280 di antaranya adalah pembunuhan tanpa dasar hukum.(dna/bbc)

0 Responses

Isi Komentar :

* ) semua komentar akan di moderasi