Dubesnya Tak Diterima, Israel Ancam Brazil

TEL AVIV | DNA - Israel memperingatkan bahwa tindakan Brasil yang belum juga menerima duta besar negara itu, bisa merusak hubungan kedua negara.

Pemerintah Israel sudah mengangkat Dani Dayan, eks ketua gerakan permukiman Yahudi, sebagai duta besar, namun hingga saat ini Brasil belum menyetujui pengangkatan dubes kelahiran Argentina tersebut.

Wakil Menteri Luar Negeri Israel, Tzipi Hotovely, mengatakan hubungan dengan Brasil "akan diturunkan menjadi level dua" jika Brasil tidak menerima penugasan Dayan.

Hotovely mengatakan tindakan Brasil yang "menolak" Dayan bisa menjadi preseden pelarangan pemukim Yahudi mewakili kepentingan Israel di luar negeri.Sejauh ini belum ada tanggapan dari pemerintah Brasil.

Sebelum menjadi dubes untuk Brasil, Dayan adalah ketua Dewan Yesha, organisasi yang memayungi kepentingan warga Yahudi di permukiman-permukiman di wilayah pendudukan, mulai 2007 hingga 2013.

Nasib pemukim Yahudi di Tepi Barat dan Jerusalem Timur, yang oleh Palestina sudah dinyatakan sebagai wilayah negara mereka di masa depan, menjadi salah satu masalah paling sensitif dalam perundingan damai Israel-Palestina.

Berdasarkan hukum internasional, permukiman-permukiman tersebut tidak sah, namun Israel selalu menolak kesimpulan ini.(dna/bbc)

0 Responses

Isi Komentar :

* ) semua komentar akan di moderasi