Indonesia Kini Produsen Semen Terbesar Asia Tenggara

MAKASSAR | DNA - Dengan semakin berkembangnya ekonomi, insfrastruktur, dan konektivitas, prospek industri semen semakin cerah. Apalagi sejak perusahaan semen di Indonesia, termasuk PT Semen Tonasa, disatukan ke dalam Semen Indonesia Group tahun lalu, Indonesia menjadi produsen semen terbesar di Asia Tenggara.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyampaikan hal ini saat meresmikan Pabrik PT. Semen Tonasa Unit V dan pembangkit listrik 2x35 MW milik PT. Semen Tonasa serta beberapa proyek di Provinsi Sulawesi Selatan. Peresmian berlangsung di PT. Semen Tonasa Unit V, Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep), Sulsel.

"Saya menyambut baik pembangunan pabrik PT Semen Tonasa Unit V ini. Insya Allah, yang sekarang kapasitasnya 3,5 juta ton per tahun akan menjadi 6 juta ton," kata Presiden SBY.

Pengembangan pabrik semen ini merupakan salah satu indikasi kemajuan pembangunan di Sulsel. "Sulawesi Selatan memang makin maju dan kemajuannya nyata. Selamat kepada Pak Gubernur dan semua yang telah memajukan Sulawesi Selatan," SBY menambahkan.

Presiden berharap pemerintah dan masyarakat bekerja keras agar mimpi indah masyarakat untuk menjadikan Sulawesi Selatan sebagai pusat pertumbuhan di Kawasan Timur Indonesia dapat tercapai. "Tanda-tandanya sudah nyata bahwa tidak lama lagi kawasan ini akan menjadi kawasan yang cepat, bahkan salah satu yang tercepat di kawasan kita," ujar Presiden.

Soal perkembangan Semen Indonesia Group (SIG) sendiri dijelaskan oleh Menteri BUMN Dahlan Iskan. Dalam laporannya, Dahlan menyebut sejak diputuskan oleh Presiden SBY untuk menyatukan perusahaan-perusahaan semen ke dalam SIG tahun lalu, Indonesia kini menjadi produsen semen terbesar di Asia Tenggara. "Kami sudah memenuhi keinginan Bapak Presiden bahwa Semen Indonesia sejak tahun lalu sudah menjadi produsen semen terbesar di Asia Tenggara," Dahlan menjelaskan.

Peresmian pabrik PT. Semen Tanosa Unit V dan Power Plant 2x35 MW serta tiga proyek lain ditandai dengan penekanan tombol sirene. Ketiga proyek lainnya tersebut adalah Proyek Bidang Sumber Daya Air: Bendung Timatoppe, Proyek Bidang Bina Marga: Pembangunan Ruas Jalan Bantaeng-Bulukumba, dan Proyek Bidang Cipta Karya yaitu Ruang Terbuka Hijau Maccini of Indonesia. Selain itu, diresmikan pula proyek SPAM IKK Tanralili, SPAM IKK Polongbangkeng Selatan, SPAM IKK Pancalautan, SPAM IKK Donri-donri, dan SPAM IKK Sukamaju.

Presiden SBY dan Ibu Ani berkesempatan meninjau pabrik PT. Semen Tonasa Unit V dengan dipandu oleh Direktur Utama PT. Semen Tonasa Unggul Attas. Tak lupa, SBY dan Ibu Ani melakukan penanaman pohon di halaman pabrik. SBY dan Ibu Ani menanam pohon Mahoni Uganda.(dna/pres)

0 Responses

Isi Komentar :

* ) semua komentar akan di moderasi