Status Siaga, Sinabung Diguncang 26 Kali Gempa

KARO | DNA -  Meski status gunung Sinabung telah diturunkan dari Awas level IV ke Siaga, namun sejumlah gempa masih tetap mengguncang gunung tertinggi di Sumatera Utara ini.

Informasi yang diperoleh  dari  kementrian Energi  dan Sumber Daya Mineral Badan Geologi,dimana Jum'at (24/09/2010) pukul 00:00 Wib - 06:00 WIB, terekam 10 kali kejadian gempa Vulkanik, 16 kali kejadian gempa Hembusan.

Sementara itu dari pengamatan visual dilakukan dari arah Pos Pengamatan Gunungapi Sinabung yang terletak di Jl. Pembangunan Ndokum Siroga, Desa Surbakti, Kecamatan Simpang Empat, Kabupaten Karo cuaca terpantau mendung, dengan angin tenang, gunung tertutup kabut, suhu pos pengamatan 19°C.

Dalam informasinya  G. Sinabung dalam status SIAGA, dan masyarakat dapat kembali ke rumah masing – masing dan melakukan kegiatan seperti biasa, jangan terpancing isu - isu yang tidak jelas  sumbernya.

Masyarakat juga diminta agar mengikuti arahan dari Pemerintah Kabupaten Karo / Muspida Karo yang senantiasa mendapat laporan sekali dalam satu hari.

Desa Suka Meriah, Desa Bekerah dan Desa Simacem  berada dalam radius kurang dari 3.5 Km dari titik erupsi, juga berada dimulut lembah, oleh karena itu ke tiga desa tersebut sangat berbahaya jika kelak kemudian hari terjadi erupsi dan atau banjir lahar.(DNA|R-09)

0 Responses

Isi Komentar :

* ) semua komentar akan di moderasi