Tingkatkan Kompetensi dan Profesionalitas Tenaga Pendidik

PEGAJAHAN | DNA - Mengingat pentingnya penanganan Pendidikan Anak Usia Dini  (PAUD) maka dunia internasional pun telah berkomitmen melaluli Convention On The Right The Of Child 1989 pada Deklarasi Dakkar 2000 terwujudnya pendidikan untuk semua dan  Aworld Fit For Children 2002 yang bertujuan untuk menciptakan dunia yang layak bagi anak. Semua itu merupakan komitmen untuk memberikan perlindungan, penghargaan dan pemenuhan hak-hak dasar anak.

Hal ini disampaikan Pj Bupati Serdang Bedagai (Sergai) Ir. H. Alwin M.Si dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekdakab Drs. H. Haris Fadillah, M.Si saat membuka secara resmi kegiatan Pelatihan Peningkatan Kualitas SDM  bagi Pengelola, Guru Taman Kanak-Kanak dan Pengurus Gabungan Organisasi Penyelenggara Taman Kanak-kanak Indonesia (GOPTKI) se-Kabupaten Sergai bertempat di Replika Istana Sultan Serdang Kecamatan Pegajahan, Rabu (18/11/2015).

Turut hadir dalam acara tersebut Ketua DPC GOPTKI Sergai Ny. Hj. Imas Haris Fadillah, Asisten Ekbangsos Drs. Hadi Winarno MM, perwakilan Kajari, Narasumber Suhendri S.Pd, M.Pd dan Faisal Riza MA, Kepala SKPD, para Sekcam se-Sergai, para Pengurus GOPTKI dan Guru TK dari seluruh Kecamatan di Sergai.

Lebih lanjut Ir. H. Alwin mengatakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sergai mensinergikan berbagai program dan kegiatan yang diarahkan pada peningkatan dan pengembangan PAUD, diantaranya penyediaan prasarana PAUD, Pembangunan TK Negeri di setiap kecamatan dan TK Pembina disetiap Kabupaten/Kota, penyediaan tenaga pendidik, pendidikan dan pelatihan tenaga pengelola pusat serta pengalokasian anggaran guru mendukung PAUD.

Penyelenggaraan PAUD harus dipersiapkan dengan lebih baik, dengan begitu GOPTKI diharapkan senantiasa berperan aktif terhadap anak usia dini untuk membentuk watak bangsa menjadi anak Indonesia yang berkualitas ditengah banyaknya tantangan serta bagaimana meningkatkan kualitas mutu pendidikan pengajaran. Oleh karenanya, PAUD sangat dibutuhkan serta harus ditingkatkan dan dikembangkan, baik dari segi sarana maupun prasarananya maupun dalam segi menyampaikan materi pembelajarannya, jelas Pj Bupati Sergai.

Pj Bupati Sergai Alwin berharap pelatihan ini memberikan bekal kepada seluruh pengurus, pengelola dan guru agar memiliki kompetensi, kualifikasi dan profesionalitas dalam pembinaan dan pengembangan TK di Kabupaten ini.

Sementara itu Ketua DPC GOPTKI Sergai Ny. Hj. Imas Haris Fadillah mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatan kualifikasi yang berupa keahlian dan kecakapan khusus, teknis maupun akademis dalam pengembangan organisasi kedepan. Kompetensi adalah kemampuan untuk melaksanakan tugas dan peran sebagai pengelola, guru TK dan pengurus GOPTKI. Sedangkan profesionalitas adalah sikap yang menunjukan derajat pengetahuan dan keahlian dalam melakukan tugas dan fungsi sebagai pengelola, guru TK dan pengurus GOPTKI Sergai ini. Harapan kami materi yang dipaparkan oleh Narasumber dapat diaplikasikan dalam kegiatan belajar dan mengajar.

Sebelumya, Ketua Panitia Ny. Hj. Ningsi Joni Walkers dalam laporannya mengatakan bahwa pelatihan  peningkatan SDM bagi pengelola, guru TK dan pengurus GOPTKI Kabupaten Sergai tahun 2015 ini diikuti 300 peserta, dengan tujuan untuk meningkatkan kualifikasi, kompetensi dan profesionalitas pengelola, Guru TK dan pengurus GOPTKI Kabupaten Sergai.(nov|sb)

0 Responses

Isi Komentar :

* ) semua komentar akan di moderasi